Partai Politik yang Ada di India

Partai Politik yang Ada di India – India merupakan negara dengan multi partai. Partai politik yang diakui negara memiliki hak istimewa. Hak yang akan didapatkan oleh partai tersebut adalah simbol partai yang telah mendapatkan perlindungan dari undang-undang, pengaturan tanggal pemilihan, waktu siaran di radio dan televisi secara gratis serta menetapkan peraturan dalam pemilu. Partai politik yang akan melakukan pemilihan lokal, negara bagian dan nasional hanya dapat ditentukan oleh otoritas setempat yakni ECI atau komisi pemilihan India.

Multaqa – Partai yang diakui akan mendapatkan statusnya jika telah memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan oleh ECI. Apabila partai poilitik tertentu tidak dapat memenuhi kriteria yang telah diajukan oleh ECI, partai tersebut tidak memiliki status partai yang telah diakui negara. Agar dapat tampil di pemilihan umum, partai harus memiliki status diakui. Jika tidak, partai yang tidak diakui tidak memiliki kesempatan untuk menyemarakkan pesta rakyat terbesar di India.

September tahun 2021, jumlah partai politik yang terdaftar sebanyak 2858 partai. Jika dirinci, ada 8 parpol nasional, 54 parpol negara bagian dan 2796 parpol yang tidak dikenal. Partai yang terdaftar di dalam pemilihan umum berkesempatan untuk memilih simbol partainya sendiri. Simbol partai tersebut telah disediakan dan merupakan penawaan dari Komisi Eropa. Partai nasional akan diakui dan terdaftar jika telah memenuhi kondisi sebagai berikut:

a. Partai telah mendapatkan pengakuan di 4 negara bagian India.
b. Majelis legislatif atau pemilu Lok Sabha harus mendapatkan 6% suara pada 4 atau lebih negara bagian. Partai juga harus memenangkan 4 kursi lok Sabha.
c. Partai politik memenangkan kursi Lok Sabha sebanyak 2% dari 3 negara bagian berbeda.

Communist Party of India

Delapan partai nasional yang diakui oleh negara antara lain All India Trinamool Congress, Bahajan Samaj Party, Bharatiya Janata Party, Communist Party of India, Communist Party of India Marxist, Indian National Congress, Nationalist Congress Party dan National People’s Party. Untuk mengetahui lebih dekat dengan kedelapan partai nasional tersebut, simak ulasannya di bawah ini:

a. All India Trinamool Congress, dipimpin oleh Mamata Banerjee dan didirikan pada tanggal 1 Januari 1998.

b. Bahajan Samaj Party, didirikan pada tanggal 14 April 1984 dan dipimpin oleh Mayawati.

c. Bharatiya Janata Party, didirikan sejak tanggal 6 April tahun 1980 dan dipimpin oleh JP Nadda.

d. Communist Party of India merupakan partai yang dipimpin oleh D Raja dan berdiri pada tanggal 26 Desember tahun 1925.

e. Communist Party of India Marxist dipimpin oleh Sitaram Yechury dan berdiri pada tahun 1964.

f. Indian National Congress, partai yang dibawah kepemimpinan Rahul Gandhi dan berdiri pada tanggal 28 Desember tahun 1885.

g. Nationalist Congress Party merupakan partai yang dipimpin oleh Sharad Pawar dan berdiri pada tahun 1999.

h. National People’s Party, dipimpin oleh Conrad Sangma dan didirikan pada tanggal 6 Januari 2013.

Baca juga : Hampir Sebagian Besar Anggota Parlemen Partai Politik India Pernah Mempunyai Catatan Kriminal

Partai negara bagian akan diakui jika memenangkan 3% kusi di DPR dan memenangkan 6% pada pemilu Lok Sabha. Aam Aadmi Party merupakan salah satu partai negara bagian yang dipimpin oleh Arvind Kejriwal dan berdiri pada tanggal 26 November tahun 2012. All India Forward Block menjadi partai politik negara bagian lain yang telah berdiri pada tahun 1939. Partai politik ini dipimpin oleh Debabrata Biswas. N. Rangaswamy merupakan pimpinan dari partai All India N.R Congress. Partai ini didirikan pada tanggal 7 Februari tahun 2011.