Kemeriahan dan Deman Pemiihan Umum Di Negara India

Kemeriahan dan Deman Pemiihan Umum Di Negara India – Kabar pemilu menjadi salah satu informasi yang sangat menarik untuk diikuti. Bukan hanya di Indonesia yang sangat bergairah jika ada pemilihan umun. Akan tetapi juga negara-negara lainnya sangat bersemangat. Salah satunya adalah negara India. Pemilihan umum di negara India memang sangat berkesan. Faktanya, dengan alasan keamanan, pemilihan umum di India digekar dalam lima tahap. Partai politik yang ada di India juga berlomba-lomba untuk memperebutkan kursi sebanyak 543 kursi di parlemen.

Multaqa – Pemilhan umun di negara India adalah sebuah persitiea yang sangat menarik untuk diikuti. Ada lebih dari dua juta anggota polisi dan juga militer yang terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilihan umum berlangsung. Semua partai politik dan koalisinya meraih suara yang mayoritas bisa mencalonkan sebagai kandidat perdana pada menteri pilihannya. Ada lebih dari 200 partai politik yang ikut serta dalam pemilu di Inida dan mereka juga mencalonkan lebih dari 1700 kandidat legislatif dalam partainya.

Mulai dari bintang Bollywood dam Di atlet tertarik mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Deman pemilu melanda negara India.. Di negara Hindustan ini, warga yang berusia 18 tahun sudah memiliki hak untuk memilih. Sejak tahun 1952 yang merupakan tahun pertama India mengadakan pemilu, tingkat pastisipasi partai politik mencapai 63 %

Negara India memberlakukan sistem parlementer. Tapi dalam sistem pemilihan umumnya adalah sistem mayoritas yang sederhana. Pengelola partai politik mengatakan juka dalam 534 wilayah pemilihan terdapat beberapa kasta dan struktur sosial yang berbeda-beda. Ini berarti, pemimpin partai partai di India akan terpecah-pecah. Dalam pemilu terakhir, ada 40 partai politik yang sudah berhasil tembus ke meja parlemen. Tent saja ini akan sangat menyulitkan dalam pembentukan sebuah koalisi pemerintahan.

Kemeriahan dan Deman Pemiihan Umum Di Negara India

Menurut undang-undang bab 324 yang membahas mengenai konstitusi India, komisi pemilu umum memiliki hak untuk menggelar pemilu. Komisi ini bertugas dalam mengesahkan pemilihan umum, menentukan siapa saja partai politik yang berhak ikut pemilu dan menetapkan berbagai macam simbol pada partai politil. Komisi ini juga akan mengumumkan hasil dari pemungutan suara bersama dengan mahkamah agung yang merupakan sebuah institusi independent.

Meskipun sudah diatur di dalam sebuah sturktur perundangan, ternyata masih banyak anggota parlemen pusat dan daerah yang memilki catatan kriminal. Tercatat sekitar 24% dari 543 anggota parlemen yang beradad di Lok Sabha mempunyai catatan kriminal. Pada saat ini, India sedang berada di dalam proses transformasi. Para pemilih akan diberikan pendidikan dalam memilih seorang politisi yang berkualitas dan bersih untuk bisa duduk di kursi kekuasaan di negara India.

Baca juga : Bharatiya Jannati Party, Partai Politik Berbasis Agama Terbesar Di Dunia

Semua media berita termasuk televisi menyiarkan berbagai iklan layanan dengan tujuan agar para pemilih tergerak hatinya untuk memberikan suaranya khususnya bagi perempuan dan generasi mudah. Tempat pemumgutan suara juga menyediakan layanan khusus untuk pemilih yangmempunyai keterbatasan fisik.

Semua perbedaan bahasa, sosial dan suku yang ada di India adalah sebagian dari banyaknya tantangan bagi penyelenggara pemilihan umum. Mereka selalu mengusahakan pemilu berjalan dengan jujur, adil dan juga bebas. Hal ini juga ditekankan oleh pakar ilmu politik India Salam Bava dimana membeli suara , segala kecurangan dalam pemilu serta kekerasan fisik sudah berkurang di India dibandingkan dengan yang terdahulu. Seperti yang kita ketahui jika sejak zaman dahulu pemilihan umum di India sering menagalami beberapa kekerasan dan kerusahan.